LAPORAN
KELOMPOK
BHAKTI
KARYA MAHASISWA (BKM)
STKIP
SETIA BUDHI RANGKASBITUNG
DI DESA JALUPANG GIRANG
KECAMATAN
BANJARSARI-LEBAK
DISUSUN
:
KELOMPOK
9 (SEMBILAN)
LEMBAGA
PENELIITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (LP3M)
STKIP
SETIA BUDHI RANGKASBITUNG
JL.BUDHI
UTOMO, No. 22L RANGKASBITUNG 42314
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah,
pji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan
hidayahnya bagi kita semua. Salawat serta salam semoga selalu kita kumandangkan
kepada sang tauladani umat manusia yakni Nabi Muhammad SAW, mudah-mudahan kita termasuk kedalam umat-Nya
yang selalu senantiasa mengikuti ajaranya hingga akhir hayat. Amin
Bhakti
Karya Mahasiswa (BKM) STKIP Setia Budhi Rangkasbitung merupakan salah satu dari
tiga Darma di perguruan tinggi yaitu dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.
Konsep keilmuan yang didapatkan dalam bentuk teori-teori dalam kelas disinergikan
dengan praktik nyata/didalam dunia nyata dalam kehidpan bermasyarakat. Sehingga
mahasiswa mampu menarik benang merah antara teori dengan pengalaman yang nyata
didapat oleh mahasiswa. Titik temu antara teori dengan pengalaman nyata menjadi
bekal yang tidak ternilai harganya bagi mahasiswa sehingga keedepan mereka
terbiasa berdinamika, bermasyarakat dan berdialektika dalam memecahkan suatu
masalah.
Saya
mengucapkan terimakasih kepada:
1. HJ.
Iti Octaviani, SE.MM Selaku Bupati Lebak dan membuka pelepasan BKM
Ketua
Yayasan Setia Budhi Bapak Drs. Suhardja, M. Pd beserta jajaranya.
3. Ketua
STKIP Setia Budhi Rangkasbitung Drs. H. Marsidi, M. Pd beserta jajaranya.
4. Ketua
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP3M) Bapak Wandi S Assayid,
M.Pd beserta jajaranya.
5. Ketua
panitia Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) tahun 2015 Ibu Mudriah,
M.
Pd beserta jajaranya.
6. Kaprodi
dari masing-masing Prodi di STKIP Setia Budhi yang tidak saya sebutkan satu
persatu,
7. Dose
Pembimbing Kelompok Sembilan Bapak Kun Mardiono, M..pd
8. Ketua
kecamatan Banjarsari beserta jajaranya,
9. Kepala
Desa Jalupang Girang bapak Eman, S. Si
10. Badan
Permusyawaratan Desa Jalupang Girang Bapak Sadar, S.Pd
11. Sekretaris
Desa Jalupang Girang Bapak Arshan.
12. Perangkat/Kaur/staf
Desa Jalupang Girang.
13. Masyarakat
Desa Jalupang Girang.
14. Kelompok
9 (Sembilan) yang telah membantu BKM tahun 2015 ini. sadmfdfsfsfedadd
Rangkasbitung, Januari 2016
Penulis
DAFTAR
ANGGOTA KELOMPOK SEMBILAN (9)
BKM
(BHAKTI KARYA MAHASISWA TAHUN 2015
DI
DESA JALUPANG GIRANG
No
|
NAMA
|
PRODI
|
1
|
IMAS
PERMATASARI
|
DIKSASTRASIADA
|
2
|
SUSIANTI
|
DIKSASTRASIADA
|
3
|
UTARI
ASMIYATUN
|
DIKSASTRASIADA
|
4
|
SRI
MAULIANI AGUSTINA
|
DIKSASTRASIADA
|
5
|
FATIMATUZZAHRAH
|
BAHASA
INGGRIS
|
6
|
TITIN
HARTINI
|
BAHASA
INGGRIS
|
7
|
MELANI
SUHENI
|
BAHASA
INGGRIS
|
8
|
RINI
IRMAYANTI
|
BAHASA
INGGRIS
|
9
|
SITI
NURFAUZIAH
|
BAHASA
INGGRIS
|
10
|
IKBAT
SUBAKTI
|
SEJARAH
|
11
|
FAIZAL
AMIR
|
PENJASKES
|
12
|
IAN
FEBRI IYAN MAULA
|
PENJASKES
|
13
|
HIKMAT
BAYU
|
PENJASKES
|
14
|
MUHAMAD
HAERUDIN
|
PENJASKES
|
15
|
N.
HANDIANSAH SURYADI
|
PENJASKES
|
16
|
RESTU
FERDIANSAH
|
PENJASKES
|
17
|
DADI
KUSWANTO
|
PENJASKES
|
18
|
ZAENAL
MUTAKIN
|
PENJASKES
|
19
|
ZAENAL
MUTAKIN
|
PENJASKES
|
20
|
MUHAMAD
SAEPUDIN
|
PENJASKES
|
21
|
MUHAMAD
SAEPUDIN
|
PENJASKES
|
22
|
CANDRA
GUNAWAN
|
PENJASKES
|
23
|
ENJANG
AWALUDIN
|
PENJASKES
|
24
|
DEDE
OTONG AKBAR
|
PENJASKES
|
25
|
ZUMAN
|
PENJASKES
|
26
|
TRIA
ASTUTI
|
PAUD
|
27
|
LINA
MARLINA
|
PAUD
|
28
|
ROSMA
AMALIA
|
PAUD
|
29
|
TITIN
SUPARTINI
|
PAUD
|
30
|
RISTA
SEPTIAWATI
|
PAUD
|
31
|
ROHANIAH
|
PAUD
|
32
|
NIKA
LUSI SUSIANTI
|
PAUD
|
33
|
MAYANG
AMBAR SARI
|
PAUD
|
34
|
IIK
HERANI
|
PAUD
|
35
|
JUHAENIAH
|
PAUD
|
DAFTAR
ISI
Halaman
Depan ...........................................................................................................
Lembar
Penngesahan ..................................................................................................
Daftar
Anggota Kelompok .........................................................................................
Daftar
Isi ...................................................................................................................... i
Daftar
Tabel ............................................................................................................ ii
Ba BAB
I PENDAHULUAN ........................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang .............................................................................................. 1
1.2
Tujuan BKM .................................................................................................. 3
1.3
Manfaat BKM .............................................................................................. 4
A. Bagi
Mahasiswa ..................................................................................... 4
B. Bagi STKIP Setia Budhi Rangkasbitung ................................................ 5
C. Bagi Masyarakat dan Pemerintah .......................................................... 5
1.4
Sistematika Penulisan ................................................................................... 6
BAB
II KONDISI UMUUM WILAYAH ................................................................. 7
2.1
Gambaran Umum Wilayah Desa Jalupang Girang ...................................... 7
2.2
Struktur Kelembagaan ................................................................................... 7
2.3
Kependudukan ............................................................................................... 8
2.4
Keadaan Sosial dan Kebudayaan .................................................................. 9
2.5
Pendidikan ...................................................................................................... 9
A.
Yayasan Dinn’ah .......................................................................................... 9
B.
SD 01 Jalupang Girang ................................................................................ 9
C.
SMP 03 Banjarsari ...................................................................................... 10
2.6
Sistem Religi .................................................................................................... 10
2.7
Keadaan Ekonomi ........................................................................................... 11
BAB
III KEGIATAN DAN PEMBAHASAN ........................................................ 12
3.1
Kegiatan dan Program Kerja ......................................................................... 12
3.2
Pelaksanaan Program Kerja .......................................................................... 13
A.
Aspek Pengabdian ................................................................................... 13
a. Rembug Warga ................................................................................... 13
b. Sosialisasi Ketiap-tiap RT/RW dan
Kependuduk Setempat ............ 14
c. Sosialisasi Tepung Moca/Singkong dan
Keripik yang Terbuat
Dari Buah-Buahan ............................................................................. 14
d. Sosialisasi Anti Kekerasan Terhadap
Anak Usia Dini .................... 15
e. Sosialisasi Wajib Sekolah Minimal 12
Tahun/Tamat SMA/SMK/
Sederajat ............................................................................................ 16
f. Pembuatan Palang Jalan .................................................................... 17
B.
Aspek Pendidikan ................................................................................... 17
a.
Lomba Cerdas Cermat .................................................................... 17
b.
Ashar Belajar dan Isyaar .................................................................. 17
c.
Lomba Puisi ...................................................................................... 18
d.
Lomba Mewarnai Tingkat Paud san SD kelas
1-3 ......................... 18
e.
Lomba Adzan .................................................................................... 18
f.
Lomba Volley Ball dan Futsal .......................................................... 19
C. Aspek Penelitian ...................................................................................... 19
a.
Penanaman Bibit Cabai ................................................................... 19
b.
Penanaman Bibit Jenjeng ................................................................ 19
3.3
Dukungan Dari Semua Pihak ....................................................................... 19
KESIMPULAN
DAN SARAN ............................................................................. 20
4.1
Kesimpulan .................................................................................................... 20
4.2
Saran .............................................................................................................. 21
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) merupakan
salah satu bentuk kegiatan Akademik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa, selain
itu memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah
masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta
mengabdi kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung
mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang
dihadapi. BKM dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan misi
dan memberikan mutualisme pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat nilai tambah
yang lebih besar pada pendidikan tinggi.
Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) dilaksanakan
dimasyarakat diluar kampus dengan maksud meningkatakan relevansi pendidikan
tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan.
Teknologi agama serta seni untuk melaksanakan pembangunan yang makin meningkat
serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara landasan
teori yang diperoleh dibangku perkuliahan untuk diaplikasikan dalam kehidupan
masyarakat secara nyata. Bagi mahasiswa kegiatan BKM merupakan pengalaman
belajar baru yang tidak diperoleh didalam kampus. Dengan selesainya BKM
mahasiswa memiliki pengetahuan , kemampuan dan kesadaran baru tentang
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Secara sosiologis dalam kemandirian
manusia bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan yang paling mendasar dalam
menjalankan proses hidupnya.
Interaksi sosial ini terbangun
sebagai konsekuensi logis dari kesadaran manusia bahwa kebutuhan pada
sisi–sisi tertentu kemanusiannya tidak dapat tercapai tanpa interaksi dengan
sesamanya. Artinya manusiapun harus cerdas untuk menemukan model komunikasi
yang mampu menjawab segala kebutuhan-kebutuhan tersebut tanpa ada diskriminasi
atau dengan kata lain komunikasi yang terbangun harus mampu mengakomodir semua
kepentingan, menyatukan dan mensinergiskan gerakan segala elemen masyarakat
dalam struktur sosial yang sangat kompleks. Saling tolong-menolong, saling
menghargai, adanya pengakuan terhadap hak-hak individu, munculnya simpati,
empati dan kepedulian sosial serta segala bentuk tindakan sosial yang
banyak kita saksikan dalam aktivitas keseharian kita adalah manifestasi dari
cita-cita mulia untuk memenuhi kebutuhan manusia tersebut. Makanya pranata
sosial yang terbangun dalam masyarakat (community) harus dapat menciptakan
keteraturan sosial, menjamin stabilitas sosial, jaminan rasa aman yang di
peroleh setiap anggota masyarakat, menciptakan suasana yang nyaman dan tentram
serta jaminan keselamatan lain. Institusi Pendidikan tinggi adalah adalah salah
satu elemen Bangsa yang turut bertanggung jawab dalam usaha pencapaian cita-cita
ideal Negara tersebut. Pendidikan tinggi merupakan benteng terakhir dalam
menghadapi segala goncangan dan problematika kebangsaan. Pendidikan tinggi
harus mampu berperan sebagai produsen pengetahuan, laboratorium pengujian
kebenaran, menjaga aset pengetahuan, mampu mendiagnosa penyakit dan prolematika
kebangsaan serta menformulasi resep alternatif yang solutif terhadap penyakit
dan problematika tersebut, secara aktif dan kreatif menyusun metodologi
yang proporsional dan profesional untuk mengaplikasikan segala gagasan
dalam bentuk tindakan yang riil di masyarakat.
Secara umum konsep operasional itu
tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan
Pengabdian Kepada Masyarakat. Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) adalah salah satu
bentuk mengejawantahan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada
masyarakat karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung bersentuhan
dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah
diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Bhakti Karya Mahasiswa adalah ruang
pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya dan
mendapatkan pengetahuan yang lebih sehingga mereka bisa mengimplementasikan di
masyarakat agar terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur, dengan itu kita
bias menarik benang merah dan memecahkan permasalahan yang di hadapi oleh
masyarakat.
Permasalahan yang komplek yang
dihadapi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan terutama di bidang pendidikan.
Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah,
instansi terkait dan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat menyesuaikan
kegiatan pendidikan serta penelitian dengan tuntutan dari masyarakat yang
sedang membangun.
1.2
Tujuan BKM
1. Tujuan
Umum Tujuan umum BKM Mahasiswa STKIP Setia Budhi Rangkasbitung mempunyai empat
tujuan, yaitu :
- Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat secara langsung dengan cara menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan yang pada masyarakat secara pragmatis dan interdisipiner.
- Mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu, tehnologi, dan seni dalam upaya menumbuhkan, mempercepat gerak serta mempersiapkan kader-kader pembangunan terutama di bidang pendidikan
- Supaya perguruan tiggi dapat menghasilkan sarjana pengisi tekno struktur dalam masyarakat yang lebih tinggi menghayati kondisi, gerak dan permasalahan yang komplek yang dihadapi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan terutama di bidang pendidikan
- Meningkatkan hubungan antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, instansi terkait dan masyarakat, sehingga perguruan tinggi dapat menyesuaikan kegiatan pendidikan serta penelitian dengan tuntutan dari masyarakat yang sedang membangun.
2.
Tujuan Khusus Adapun tujuan khusus BKM mahasiswa STKIP Setia Budhi
Rangkasbitung yaitu:
- Membantu memecahkan masalah problematika yang dihadapi masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan
- Membantu pemerntah untuk mempercepat proses pembangunan di bidang pendidikanMemberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai penerus pembangunan yang dapat memahami permasalahan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat.
- Mendekatkan STKIP Setia Budhi Rangkasbitung sebagai Institusi kepada masyarakat dan penyesuaian Pendidikan tinggi terhadap tuntutan pembangunan
- Menumbuhkan kesadaran, kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan kampus sebagai wujud ungkapan rasa bangga terhadap almamater, sehingga tercipta kondisi yang nyaman sebagai tempat aktifitas akademik.
- Mendapatkan umpan balik yang dapat
dijadikan bahan acuan untuk penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan di
perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan program
pembangunan.
1.3 Manfaat BKM (Bhakti Karya
Mahasiswa)
Sesuai denngan tujuan diatas, maka manfaat yang ingin
diperoleh dari kegiatan BKM (Bhakti Karya Mahasiswa) di Desa Jalupang Girang
kec. Banjarsari-Lebak diantaranya :
1. Bagi Mahasiswa
a.
Mahasiswa
mampu mengkolaborasikan dan mengaplikasikan teori-teori praktis yang
dimiliki serta bagaimana cara bermasyarakat dikaitkan dengan ilmu-ilmu yang
telah dipelajari selama mengikuti materi perkuliahan di STKIP Setia Budhi
Rangkasbitung.
b.
Memperdalam
pengertian mahasiswa tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner,
sehingga dapat menghayati adanya ketergantungan, keterkaitan, dan bekerja antar
sektor.
c.
Menambah
pengetahuan bagaimana cara bermasyarakat yang sesuai dengan norma-norma yang
berlaku di masyarakat, baik norma tersurat maupun tersirat.
d.
Mencari,
menemukan dan berusaha turut andil dalam memecahkan masalah dengan menerapkan
konsep dan teori ilmiah yang telah dimiliki secara objektif komprehensif.
2. Bagi STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
a.
Memperoleh
umpan balik sebagai hasil pengintegrasian keilmuan mahasiswanya melalui proses
pembangunan fisik maupun non fisik di tengah-tengah masyarakat dan pembenahan
masyarakat, sehingga kurikulum yang disusun di Perguruan Tinggi dapat
disesuaikan dengan tuntutan yang ada di masyarakat sekarang dan yang akan datang.
b.
Memperoleh
berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi
perkuliahan dan menemukan berbagai masalah untuk pengembangan penelitian.
c.
Mewujudkan
fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi secara terpadu, selaras dan langsung kepada
masyarakat.
d.
Memantapkan
program observasi pendidikan dan studi lapangan sebagai sarana belajar dan
latihan pengabdian pada masyarakat dalam rangka menunjang pembangunan tepat
guna.
3. Bagi Masyarakat dan Pemerintah
a.
Memperoleh
bantuan pemikiran dan tenaga serta ilmu, teknologi dan seni dalam merencanakan
dan melaksanakan pembangunan yang diharapkan.
b.
Membantu
masyarakat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan pelaksanaan
pembangunan dalam berbagai bidang terutama bidang pendidikan formal, non
formal dan informal.
c.
Meningkatkan
kesadaran masyarakat untuk aktif dan kreatif dalam pembangunan desa
swasembada sesuai dengan program pemerintah daerah
1.4 Sistematika Penulisan Laporan
1. Halaman Depan
2. Lembar Pengesahan
3. Daftar Anggota Kelompok
4. Kata Pengantar
5. Daftar Isi
6. Daftar Table
7. Bab I Pendahuluan
7. Bab Ii Kondisi Umum Wilayah
8. Bab Iii Kegiatan Dan Pembahasan
10. Kesimpulan
BAB
II
GAMBARAN
UMUM WILAYAH DESA JALUPANG GIRANG
2.1
Gambaran Umum
Wilayah Desa Jalupang
Girang
Desa jalupang
girang merupakan salah satu desa dari kecamatan Banjarsari Kabupaten lebak,
yang letaknya dibagian Selatan perbatasan langsung antara Kabupaten Lebak
dengan Kabupaten Pandeglang. Desa jalupang Girang memiliki luas wilayah 8,01
ha/m2. Bila dilihat dari seksama dan ditinjau langsung, maka Desa ini cukup
luas karna memiliki 11 RT dan 04 RW dari
14 kampung dan memiliki 5112 jiwa. Secara geografis Desa jalupang Girang ini
dipenuhi area pesawahan, pemukiman penduduk dan masih yang hutan cukup luas.
2.2
Struktur Kelembagaan
Sesuai dengan
undang-undang untuk menstimuluskan semua program-program pemerintah, setiap
desa harus punya otonom/kelembagaan sendiri maka DDidesa jalupang girang
meskipun mereka dikatakan desa tertinggal namun mereka punya le,baga sendiri,
adapun strukturnya yaitu:
Struktur aaperangkat
Desa Jalupang Girang
Badan Permusyawaratan Desa : Sadar, S.pd
Anggota : Dian Abidin
Muhidin
Kepala Desa : Eman, Spd
Sekretaris Desa : Arshan
Kaur Keuangan : Deni Aditia
Bendahara : Endang Susila
Staf Administrasi : Deni Triana
Iyah Maulidya
Karang Taruna : Eman
Anggota :
Ade Priatna
Asmian Kodir
LPM :
Dadang Andiana
Anggota :
Ari Alfian
Muhidin
PKK :
Hayati
Anggota :
Iyah Maulidya
:
Andini septiani
: Marsih
:
Awiyah
Pos Syandu : Bidan Teti
Anggota :
Iyah Maulidya
:
Juhaenah
Linmas :
Mutakin
:
Akbarudin
:
Asep Sujana
:
Suryadi
Dalam
kelembagaan yang ada di Desa Jalupang Girang masing-masing mempunyai tugas dan
fungsi sebagaimana apa yang telah diamanatkan oleh Negara dan senantiasa
mengamalkan Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.
2.3
Kependuduka
NO
|
Desa Jalupang Girang
|
Jumlah Penduduk
|
Jumlah kk
|
1
|
Laki-Laki
|
2619
|
912
|
2
|
Perempuan
|
2493
|
|
Total
|
5112
|
2.3 Keadaan Sosial dan Budaya
Menarik untuk dibahas keadaan sosial dan budaya yang ada didesa
jalupang girang, karna dari letak wilayah Desa jalupang girang merupakan Desa
yang masih tertinggal dari desa-desa yang di sebelahnya. Akan tetapi masyarakat
setempat masih mempertahankan nilai-nilai
dan kebudayaan yang mereka pegang erat. Kerukunan dan persaudaraan
antara satu sama lain tercipta secara natural, akan tetapi bisa jadi masyarakat
setempat mempertahankan secara terus menerus bahwasanya persaudaraan penting
bagi masyarakat setempat. Selain itu gotong royong yang masih juga mereka
lakukan setiap kegiatan yang bersifat umum, contohnya merenofasi
masjid/mushola, membersihkan jalan, dan lain-lain.
Meskipun
masyarakat desa jalupang girang berada dalam tertinggal namun merka sangat
bahagia hidup dan tinggal disana. Dengan aspek social budayanya dapat kita
lihat bahwa masyarakat sangat hidup sederhana, mementingkan umum, bdaya yang
masih tetap terjaga dan lain-lain.
2.4 PENDIDIKAN
desa Jalupang girang girang terdapat lebaga
pendidikan diantaranya yayasan Dinni’ah, SD 01 Jalupang Girang dan SMP 03
Banjarari.
a. Yayasan
Dinni’ah
Yayasan
Dinni’ah adalah sebuah lembaga yang menaungi pendidikan agama bagi anak-anak
disana. Akan tetapi kini yayasan itu ditempati belajar oleh PAUD (Pendidikan
Anak Usia Dini). Karna didesa jalupang girang belum punya bangunan sendiri
khususnya untuk banguna PAUD. Meskipun dengan sarana dan prasarana yang lengkap
tidak membakar semangat bagi ibu-ibu yang masih punya anak dibawah lima tahun
untuk menyekolahkan anaknyadi PAUD.
b. SD 01
Jalupang Girang
SD
01 Jalupang Girang bertempat dikampung Impres yang letaknya berhadapan dengan
yayasan Dinniah. SD 01 Jalupang girang memiliki siswa siswi yang cukup banyak
yaitu sekitar 212 siswa. Karna tidak ada lagi sekolah SD yang berada didesa
Jalupang Girang otomatis dari desa jalupang semua sekolah kesitu.
Dengan
jarak yang jauh dan sarana prasarana yang masih jauh dibandingkan dengsn ysng
diko, anak-anak bangsa tetap bangganya Ia sekolah dan tidak pernah lelah untuk
mencari ilmu bagi mereka,
c. SMP 03
Banjarsari
Selain SD dan madrasah desa jalupang girsng tentunya punnya
smp yang letaknya tidak jauh dari SD 01. SMP 03 Banjarsari memiliki siswa-siswi
316 siswa. Dari segi bangunan SMP 03 sangatlah kurang, sperti SD 01 saja
fasilitasnya jauh kata Ia. Namun disisi lain dengan semangat dan perjuangan
guru-guru yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tidak ,emgurung
niatnya sebagai seorang pendidik. Bahkan siswa dan siswinyapun selallu
berprestasi dari segi olahraga volley, sepak bolla, dan tata bahasa.
Dari segi aspek pendidikan yang ada di desa jalupag girang
tentunya mendapatkan perhatian khusus da agar tersentuh oleh pemerintah. Miris
bila kita lihat dari segi pendidikanya terhitung yang sekolah tamatan SMA dan
lulusan S-1.
2.5
Sistem Religi
Masyarakat di Desa Jalupang Girang
100% beragama Islam, terbukti dari sisi keagamaanya mereka sangat kental dan
masih menjalankan kewajiban mereka sebagai umat beragama. Setiap malam jum’at
masyarakat didesa jalupag girang masih rutin diadakan pengajian di Masjid dan
Mushola masing-masing. Tujuanya untuk mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah
SWT, selain itu pengajian desa yang di inisiasi oleh aparat Desa selalu
fijalankan setiap bulan. Tentunya masyarakat desa ja;upang dari sisi religi
saat ini masih kental dan selallu menjalankan kewajibannya sebagai umat
beragama.
2.6 Keadaan Ekonomi
Keadaan
ekonomi di masyarakat Jalupang girang kebanyakan masyarakat kalangan bawah
dikarnakan masyarakat setempat bekerja di buruh tani, kayu , pabrik dan
lain-lan sebagainya. Meskipun mereka hidup dalam garis kemiskinan namun mereka
hidup berkecukupan dan tidak kekurangan seperti hidup di kota-kota yangb
kebutuhanmya sangat tinggi. Selain itu ada jga masyarakat yang hidup di kelas
menengah yaitu mereka yang mempunyai pekerjaan dan mempunyai usaha sendiri,
sperti pengusaha kayu, borongan, toko, punya lahan lading yang luas, dan kepala
Desa. Bisa disimpulkan keadaan ekonomi masyarakat Desa Jalupang Girang
merupakan kalangan bawah tetapi mereka tidak merasa kekurangan. Inilah hidup dalam
keserderhanaan yang membawa berkah untuk semuanya.
BAB
III
KEGIATAN
DAN PEMBAHASAN
3.1
Kegiatan
dan program kerja
Dengan
memperhatikan kondisi sarana dan prasarana pendukung yang telah disusun oleh
kelmpok Sembilan di Desa Jalupang Girang dan hasil dari kesepakatan semua pihak
bahwa, kelompok sembilan membuat program kerja BKM yang sesuai tema kelompok
Sembilan BKM (Bhakti Karya Mahasiswa) yaitu “Pengabdian pada masyarakat berbasis pendidikan”. Adapun tema BKM
Sendiri yang dibuat oleh Panitia BKM/Kmpus STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
adalah “ Nagara Mawa Tata Desa Boga Cara”.
Dengan mengkombinasikan tema kelompok dengan tema BKM diharapkan dapat
memberikan manfaat yang kebih dan terasa bagi masyarakat setempat begitupula
dengan kelompok Sembilan dan mampu mengangkat kampus STKIP Setia Budhi
Rangkasbitung bahwa kampus ini yang terbaik yng ada di Kab. Lebak. Adapun
program kerja yang dibuat oleh kelompok Sembilan yang berada di Desa Jalupang
Girang Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak meliputi:
1.
Sosialisasi ke tiap-tiap Rt/Rw dan ke
penduduk setempat
2.
Rembug Warga,
3.
Sosialisasi tepung moca/singkong dan
keripik yang terbuat dari buah-buahan,
4.
Sosialisasi Anti Kekerasan terhadap anak
usia dini,
5.
Gotong Royong,
6.
Sosialisasi wajib sekolah minimal 12
tahun/tamat SMA/MA sederajat,
7.
Mengikuti pengajian-pengajian
8.
Isya Belajar,
9.
Ashar Belajar,
10.
Lomba puisi,
11.
Lomba cerdas cermat,
12.
Lomba adzan,
13.
Pembuatan pelang jalan,
14.
FasshionShow Busana Muslim tingkat SMP
15.
LOmba Mewarnai tingkat Paud dan SD kelas
1-3
16.
Lomba volley ball dan futsal,
17.
Penanaman bibit cabai
18.
Penanaman bibit pohon jengjeng
Dari beberapa program
yang dilakukan meliputi beberapa aspek yaitu, Aspek pendidikan, aspek
pengabdian dan aspek penelitian. Program ini tidak semata-mata dilakukan atau
secara cuma-cuma namun hasil peninjauan dan berbagai bahasan, karna dengan
program kerja yang disusun oleh kelompok Sembilan ini terkait dengan Tri Dharma
Perguruan Tinggi yang harus diimplementasikan secara progresif dan inovatif
dari kelompok.
3.2
Pelaksanaan
Program Kerja BKM.
A.
Aspek
Pengabdian/Sosial
a.
Rembug Warga
Dalam
acara rembug warga atau lebih dikenal dengan sosialisasi kepada masyarakat dilaksanakan pada hari sabtu, 26 Desember
2015 dihadiri 41 0rang yang meliputi 6 0rang diantaranya Aparat Desa, 8 orang
dari Rt, 2 orang Rw, 7orang kepala pemuda, dan 20 orang dari masyarakat
setempat.. adapun acara rembug warga bertempat di Kp Kukulu RT 04 Desa Jalupagg
Girang, tepatnya di Aula Serbaguna milik Desa. Acara ini bertujuan untuk
menjalin silaturahmi antara mahasiswa dengan mayarakat, selain itu sambil
mensosialisasikan program-program kerja kelompok.
Dengan
rembug waga ini diharapkan terjalin silaturahim dengan baik antara mahasiwa
dengan masyarakat agar pelaksanaan program kerja yang dilakukan peserta BKM
mendapatkan dukungan dan suportnya, sehingga kerjasama antara masyarakat dan
mahasiswa terjalin dengan baik. Selain itu masyarakat memahami situsi dan
kondisi mahasiswa karna mahasiswa dating kesana bukan untuk main-main dan
memberikan sejiumah materi atau membangun infra struktur, tetapi BKM ini
sifatnya pengabdian pada masyarakat.
b.
Sosialisasi ke tiap-tiap Rt/Rw dan ke
penduduk setempat
Program
kerja ini adalah program yang wajib dilakukan, karna mahasiswa akan berhadapan
langsung dengan masyarakat, dengan sosialisasi ini kami lakukan dengan rutin ke
tiap-tiap kampung. Meskipun dalam keadaan hujan pada saat itu itak menghambat
aktivitas kelompok Sembilan untuk datang ke masyarakat. Selain itu jarak yang
ditempuh lumayan cukup jauh dari kampung kukulu yang ditempati oleh kelompok
sembilan atau sekret ke kampong yang lain.
Program
ini bertujuan untuk penelitian yang ditinjau dari segi eekonomi, pendidikan,
social budaya dan sistem pencaharian. Alhasil yang didapat dari penelitian ini
kita selaku peserta BKM yang sifatnya pengabdian terhadap masyarakat
mendapatkan pencerahan untuk lebih giat dan semangat dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang
bermanfaat bagi masyarakat.
c.
Sosialisasi Tepung Moca/Singkong dan
Keripik yang Terbuat Dari Buah-buahan.
Desa
Jalupang girang mayoritas sumber pendapatanya dari hasil berkebun dan bertani,
kebetulan dikelompok Sembilan mempunyai anggota yang sudah mapan dibidang
kewirausaahaan dan mempunyai usaha yaitu produk lokal yang dikemas menjadi
sumber pendapatan bagi bapak Encep Saepulah mahasiswa dari pendidikan Olahraga
Semester tujuh STKIP Setia Budhi Rangkasbitung.
Produk
lokal yang dikemas menjadi sumber pendapatan bagi bapak Encep yang dimaksud
adalah memanfaatkan suber daya alam yaitu Singkong dan Buah-buahan, sesuai
dengan geografis dan pekerjaan masyarakat desa jalupang girang yaitu bertani
dan berkebun maka kami mensosialisasikan produk lolak dengan inovatif-inovatif
yang dikemas. Program ini dilakukan pada tanggal 26 Desember 2015 berbarengan
dengan Acara Rembug Warga.
Adapun
produk lokal yang di sosialisasikan adalah Tepung Moca atau yang terbuat dari
singkong dan keripik dari buah-buahan. Bapak Encep telah menjelaskan secara
detail dari cara pembuatanya sampai cara pemasaranya. Program ini dilakukan
jangka panjang karna masyarakat setempat sangat antusias mengikuti program ini.
d.
Sosialisasi Anti Kekerasan Terhadap Anak
Usia Dini
Dalam dewasa ini sering terjadi peristiwa yang
sangat memilukan bagi bangsa ini. Yang mana seharusnya anak-anak adalah aset
terbesar yang dimiliki atau investasi untuk kemajuan bagi bangsa Indonesia yang
sebagai generasi penerus bangsa. Tentunya setiap warga Negara memiliki
kesadaran dalam hal itu untuk memajukan bangsa melalui pelindungan terhadap
anak-anak.
Mirisnya belakangan ini Indonesia dikejutkan oleh
berbagai peristiwa yang tidak bermoral dan tidak berprikemanusiaan yang
dilakukan oleh oknum-oknum yang melanggar hukum yaitu terkait adanya peristiwa
kekerasan terhadap anak yang masih dini. Apalagi mereka yang menjadi korban
adalah kebanyakan yang melakukan kekerasan terhadap anak dilakukan oleh
orang-orang terdekat mereka seperti Orang tuanya, keluarganya, tetangganya, dan
disekelilingnya. Padahal seharusnya mereka menjaga dan menyayangi agar sianak
tersebut tumbuh dewasa hingga mampu memberikan kontribusi dalam bentuk
pengabdian kepada masyarakat dan beberguna bagi bangsa Indonesia ini. Tentu ini
harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah bahkan kita sebagai
masyarakat membantu untuk tidak lagi terjadi kekersan terhadap anak.
Sebagaimana Kampus STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
mempunyai Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang sudah punya legitimasi
hukum dalam perguruan tinggi. Sebagai akademisi dan mempunyai bekal teori,
Mahasiswa yang sadar pentingnya perlindungan terhadap anak ini semata bentuk
kepedulian kepada bangsa Idonesia Maka Kelompok Sembilan BKM telah berdiskusi
dan merancang program dengan baik dan konsepan yang matang dalam program kerja
sosialisasi Anti kekerasan terhadap anak usia dini.
Pada hari miggu tepatnya pukul 14:00 WIB tanggal 27
Desember 2015 yang bertempat di ruang PAUD Dinni’ah , dalam program ini yang
menjadi sasaran dalah ibu-ibu dan bapak-bapak. Meskipun tidak banyak yang hadir
dalam acara ini tidak mematahkan semangat kelompok Sembilan untuk
mennsosialisasikan yang begitu penting bagi kita semua.
Terhitung dari 50 orang yang kita undang untung
menghadiri acara ini hanya 15 orang yang hadir,9 wanita dan 6 orang dari
Laki-laki. Tapi kami salut denga Bapak dan Ibu-ibu yang hadir meskipun dalam
cuaca yang tidak bersahabat atau hujan tapi mereka hadir dan mengikuti acara
sampai selesai. Selain dalam bentuk formal kelompok Sembilan berinisiatif agar program kerja sosialisasi anti kekerasan
terhadap anak usia dini bisa tersampaikan kesemua masyarakat desa jalupang
girang maka, dibuatlah dalam artikel tentang tulisan Sayangi Anak. Dengan
membagikan tulisan itu kepada masyarakat setempat diharapkan masyarakat dapat
memberi efek yang baik bagi kelangsungan hidup anak dan menjadikan bingkisan
kado tak ternilai bagi keluarga yang diberikan Allah SWT.
Dengan itu masyarakat menyadari bahwa kekerasan terhadap merupakan tindak pidana
yang merusak segalanya dan merugilkan semua.
e.
Sosialisasi Wajib Sekolah Minimal 12
tahun/tamat SMA/MA Sederajat
Sesuai
dengan kondisi masyarakat Desa Jalupang Girang terutama dalam bidang pendidikan
yang masih belum menyadari betapa
pentingnya mengenyam pendidikan bagi semua masyarakat Indonesia khususnya warga
setempat untuk wajib sekolah minimal 12 tahun. Menrut kepala Desa Jalupang
sendiri yaitu Bapak Eman S.pd terhitung jumlahnya yang Sarjana ada 7 orng, yang
lulusan sekolah SMA/SMK ada 15 orang, yang masih sekolah SMA/SMK saat ini tiga
orang dan kebanyakan lulusan SD, SMP dari Desa tersebut. Maka dengan ini
kelompok Sembilan membuat program kerja yaitu mensosialisasikan pwajib sekolah
minimal 12 tahun/tamat SMA/SMK sederajat. Adapun pelaksanaanya meliputi
berbagai cara yaitu secara formal, artikel yang dibagikan kemasyarakat dan dor
to dor.
f.
Pembuatan Pelang Jalan
Sesuai
permintaan dari pihak Desa bahwasanya mereka menaruh harapan kepada kelompok
Sembilan untuk membuat pelang jalan agar masyarakat ataupun masyarakat yang lain tahu nama kampung dan
desa tersebut. Dengan memperhatikan, menimbang dan memutuskan kelompok
Sembilanpun membuatkan pelang jalan tersebut.
B.
Aspek
Pendidikan
a.
Lomba Cerdas Cermat
Cerdas
cermat merupakan program kerja yang wajib di jalankan oleh setiap kelompok agar
mahasiswa tahu mereka yang hidup dan tinggal di daerah tertinggal dari
kecerdasan yang mereka miliki tidak kalah dengan apa yang mereka yang hidup di
daerah kota. Agar semua tim bekerja untuk mensukseskan BKM ini kelompok
Sembilan punya manajemen sendiri yaitu masing-masing kegiatan ada koordinator
yang melaksanakan kegiatan ini. Dalam pelaksanaan lomba cerdas cermat ini di koordinatorin oleh
faisal amir dari mahasiswa pendidikan olah raga yang dibantu oleh tim. Tujuanya
adalah untuk menambah dan menggali pengalaman sebanyak mungkin bagi peserta BKM
. Adapun sasaranya adalah tingkat SD
kelas 3 sampai kelas 6.
b.
Ashar belajar danr Isya belaja
Program
kerja ini kali ini merupakan program yang paling pokok atas dasar bentuk
keprihatinan kondisi disana tujuanya adalah untuk memberikan motivasi kepada
anak-anak dan masyarakat setempat. Rupanya pada pelaksanaan proker Ashar
belajar dan Isya Belajar anak-anak sangat antusias ingin belajar. Bahkan yang
kami tanamkan hanya untuk tingkat PAUD dan SD. Akan tetapi anak SMP pun mereka
mengikuti hadir kesekretariat Kelompok Sembilan. Dan kamipun lebih semangat
lagi memberikan pelajaran kepada mereka.
c.
Lomba puisi,
Puisi
merupakan hasil kekayaan dari sastra dan seni pikiran. Tidak semua manusia bisa
menjadi san penyair ataupun menjadi pembaca karna dibutuhkan khusus untuk
bidang yang mempunyai jiwa seni itu. Kegiatan ini dikoordinatori oleh Utari
Asmiyatun dari Prodi Bahasa Indonesia, dengan memilih Koordinator Utari sebagai
Koordinator dikarnakan Ytari merupakan Basicnya puisi, dan sangat pas bila Ia
menjdi Koordinator dibidangnya. Adapun sasaranya adalah tingkat SMP yang memang
sudah bisa dan mampu untuk mengikuti perlombaan tersebut.
d.
LOmba Mewarnai tingkat Paud dan SD kelas
1-3
Lomba
yang diadakan oleh ibu-ibu paud merupakan proker yang paling bisa kita
apresiasi, dengan penuh semangat dan penuh kasih saying yang diberikan
kawan-kawan dari prodi Paud, maka kegiatan ini begitu lancar. Perlombaan ini
sangat diminatti oleh anak-anak dan masyarakatpun mendukung penuh.
e.
Lomba Adzan
Melihat
bkultur dari social masyarakat di des jalupang Girang bahwasanya masih kenta
dengan agamanya, maka kelompok Sembilan mengadakan Lomba Adzan yang di ikuti
oleh anak SD. Lomba inipun mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.
f.
Lomba volley ball dan futsal
Olah
Raga merupakan yang paling digemari oleh masyarakat desa jalupang Girang,
Khususnya bagi anak SD dan SMP. Meskipun disana tidak ada tempat untuk mereka
olahraga volley atau futsal tidak mengurung niatnya untuk olahraga. Ketika
kelompok Sembilan mengadakan adanya perlombaan volley ball dan futsal mereka
sangat antusias sekali untuk mengikuti perlombaan yang kami adakan.
Untuk
futsal sendiri dikhususkan bagi SD dan volley ball untuk anak SMP. Tidak mungkin
bila anak SD mengikuti perlombaan volley ball. Meskipun dengan lapangan yang
fasilitasnya kurang dan hujan turun mereka sangat menikmati perlombaan
tersebut.
C.
Aspek
Penelitian
a. Penanaman
Bibit Cabai
Dari
hasil survei bahwasanya tanah tersebut ini sangat bagus sekali bila
ditanam cabai, karna tanahnya masih
alami dan gembos ditambah dengan cuaca yang dingin tentunya diharapkan
masyarakat bertani cabai, karna cabai merupakan yng penting bagi semua manusia.
Dengan itu kita memberikan bibit cabai kritig kepada Rt setempat untuk
dibagikan kepada masyarakat yang mempunyai lading pesawahan.
b.
Penanaman Bibit Jeneng
Hutan yang asing
terbentang disepanjang jalan Desa Jalupang girang tentunya untuk menambah
penghijauan disana dan taraf perekonomian maka kamipun berinisiatif memberikan
kepada warga bibit jenjeng agar ditanam di kebun masing-mmasing. Dan
alhmdulillah masyarakat menerima denan sepenuh hati mereka.
3.3
Dukungan
Dari Semua Pihak
Dengan
adanya kegatan yang dilaksanakan oleh kelompok Sembilan dan terselenggranya
kegiatan program kerja tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak, dari
intansi yang terkait yaitu, aparatur desa, tokoh masyarakat, masyarakat desa
dan tentunya dari kelompok Sembilan yang selallu bersatu dan kompak.
Dari
masing-masing kegiatan ini masyarakat, dan anak-anak sangat anusias dan
memberikan senyuman yang hanga menyambut program kerja yang di susun oleh
kelompok Sembilan, terutama dalam bidang pendidikan, dalam bidang pendidikan
ini mendapatkan apresiasi dawi wrga setempat yang mereka lihat anak-anak sangat
bahagia ketika mrngikuti pembelajaran.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) merupakan
salah satu bentuk kegiatan Akademik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa, selain
itu memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah
masyarakat di luar kampus. Sekaligus sebagai proses pembelajaran serta
mengabdi kepada masyarakat yang sedang membangun dan secara langsung
mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang sedang
dihadapi. BKM dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan misi
dan memberikan mutualisme pendidikan pada mahasiswa untuk mendapat nilai tambah
yang lebih besar pada pendidikan tinggi.
Secara umum konsep operasional itu
tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan
Pengabdian Kepada Masyarakat. Bhakti Karya Mahasiswa (BKM) adalah salah satu
bentuk mengejawantahan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada
masyarakat karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung bersentuhan
dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah
diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Bhakti Karya Mahasiswa adalah ruang
pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya dan
mendapatkan pengetahuan yang lebih sehingga mereka bisa mengimplementasikan di
masyarakat agar terwujudnya
4.2 Saran
Setiap manusia tidak akan selalu
benar apapun itu bentuknya, maka dari itu dalam setiap penulisan laporan BKM
Tahun 2015 ini tidak sempurna apa yang diharapkan kelembagaan STKIP Setia Budhi
Rangkasbitung. Maka dari itu kami yang masih tahap belajar memohon bimbingan
dan kritkan yang mampu membangun, memotivasi dan menjadikan kami mahasiswa yang
berintegritas, progresif dan tentunya Mahasiswa yang mampu membawa dan
menjunjung tinggi amamater STKIP Setia Budhi agar prosfek kedepan Khsusnya
dalam penulisan laporan sesuai apa yang diharapkan oleh semua pihak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar